Tuesday, July 24, 2018

RINGKASAN MATERI POROS MARITIM



Secara astronomis, Indonesia terletak di 6°LU - 11°LS dan 95°BT - 141°BT. Selain itu, secara geografis, Indonesia terletak di posisi silang, yaitu Indonesia terletak antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan dua samudera (Samudera Pasifik dan Samudera Hindia). Adapun secara geologis, Indonesia terletak di tiga lempeng besar, dua diantaranya merupakan lempeng benua, dan satunya lempeng samudera. Tiga lempeng tersebut adalah lempeng Indo Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng pasifik.Dampak dari letak ini adalah Indonesia kaya akan barang tambang mineral, Indonesia banyak memiliki gunung berapi, Indonesia rawan gempa bumi, dan rawan bencana gunung api.

Batas Indonesia terdiri dari batas darat, udara, dan laut. Batas darat Indonesia adalah dengan Negara Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Sebelah timur, wilayah Indonesia berbatasan dengan Negara Papua Nugini. Batas laut territorial merupakan batas laut yang ditarik dari garis dasar dengan jarak 12 mil dari laut. Deklarasi Djuanda menyatakan bahwa Indonesia menganut prinsip negara kepualauan. Lautan dan selat-selat yang luas Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki kelembaban udara yang tinggi.

Rangkaian pegunungan Indonesia terdiri dari Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Sirkum Mediterania membentuk pegunungan vulkanik yang salah satunya adalah Bukit Barisan di Pulau Sumatera. Sedangkan rangkaian Sirkum Pasifik  di Indonesia salah satunya ada di Pulau Sulawesi. Salah satu gunung yang ada di Indonesia Letusan Gunung Toba terjadi 74.000 tahun yang lalu. Letusan ini menyebabkan terjadinya musim dingin vulkanik selama enam tahun lamanya. Salah satu jenis tanah yang dihasilkan oleh letusan gunung api adalah tanah andosol.

Luas perairan Indonesia adalah sebesar 75% dari total luas Indonesia. Adapun sirkulasi air perairan Indonesia berasal dari Samudera Pasifik. Pembagian wilayah perairan Indonesia salah satunya adalah laut dangkal. Salah satu laut dangkal yang kurang dari 200 m yang menghubungkan Indonesia dengan Benua Astralia adalah Paparan Sahul.

Terjadinya elnino dan la nina memberikan pengaruh terhadap kondisi laut di Indonesia. El nino berpengaruh terhadap kondisi laut Indonesia menjadi lebih hangat. Adapun la nina berpengaruh terhadap kondisi laut Indonesia menjadi lebih dingin.

Bangunan kapur bawah laut yang dibentuk oleh jasad hidup, seperti karang batu dan alga berkapur disebut terumbu karang.

Ekoregion merupakan wilayah yang memiliki kekhususan lingkungan. Terdapat 18 ekoregion Indonesia. Salah satu ekoregion yang rawan terhadap gempa dan tsunami adalah Pulau Mentawai.

Indonesia menjadi negara maritim semenjak zaman kerajaan. Kemunduran terbesar sebagai bangsa maritim adalah terjadi saat VOC mulai masuk ke Indonesia.