Thursday, January 11, 2018

MATERI OLIMPIADE GEOGRAFI


Olimpiade geografi internasional pertama kali dilaksanakan adalah pada tahun 1996 yang diselenggarakan di Belanda. Kompetisi ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Namun semenjak tahun 2012, olimpiade geografi internasional dilaksanakan setiap tahun.

Kompetisi IGEO (Internasional Geography Olympiad) merupaka ajang bergengsi di tingkat pelajar SMA. Untuk mengikuti kompetisi tersebut, kita harus lolos dari seleksi tingkat kota, tingkat provinsi, dan akhirnya mewakili negara Indonesia untuk mengikuti olimpiade geografi internasional.

Prestasi terakhir yang pernah diraih Indonesia dalam olimpiade geografi internasional tersebut mendapatkan 1 emas dan 2 perunggu.

IGEO bukanlah ajang yang bisa diikuti dengan persiapan yang biasa-biasa saja. Meskipun begitu, siapa saja memilki kesempatan dan kemungkinan yang sama untuk dapat mengikuti olimpiade geografi internasional tersebut. Olimpiade geografi diselenggarakan oleh dinas pendidikan dengan biaya  Rp 0,- alias gratis. Namun, untuk dapat lolos di setiap tahap seleksi (olimpiade geografi tingkat kota dan olimpiade geografi tingkat provinsi) butuh persiapan yang matang dan perencanaan yang panjang buat siapa saja yang menginginkan menjadi peserta atau bahkan menjadi juara dalam olimpiade geografi internasional. Salah satunya adalah dengan memahami teknis perlombaan beserta cakupan materi yang akan dilombakan.  Jangan sampai, yang kita pelajari, tidak sesuai dengan cakupan materi yang akan diperlombakan.

Sebenarnya, cakupan materi olimpiade geografi sama dengan cakupan materi di kurikulum sekolah tigkat SMA, namun kedalaman dan keluasan materi di olimpiade geografi lebih luas dan lebih mendalam. Pengetahuan dan analisa peserta di uji dalam olimpiade geografi ini. Oleh karena itu, kegiatan “membaca” merupakan syarat yang mutlak untuk siapa saja yang menginginkan lolos dan mendapatkan juara di olimpiade geografi, baik tingkat kota (OSK= olimpiade sains Kota), maupun tingkat provinsi (OSP= olimpiade sains Provinsi). Membaca tidak hanya buku paket pelajaran di sekolah, namun juga buku-buku lain yang mendukung dalam penguasaan materi geografi.

Berikut ini, beberapa cakupan materi yang menjadi topik utama dalam olimpiade geografi.
1.      Iklim dan Perubahan Iklim
2.      Kebencanaan dan Manajemen Bencana
3.      Sumber Daya dan Manajemen Sumber Daya
4.      Geografi Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan
5.      Geomorfologi dan Penggunaan Lahan
6.      Geografi Pertanian dan Permasalahan Pangan
7.      Kependudukan dan Dinamika Penduduk
8.      Geografi Kota, Peremajaan Kota, dan Perencanaan Kota
9.      Geografi Pembangunan dan Teori Keruangan
10.  Pariwisata dan Manajemen Pariwisata
11.  Geografi Ekonomi dan Globalisasi
12.  Geografi Budaya dan Identitas Regional

Supaya lebih memahami, berikut silabus olimpiade geografi, soal OSK tahun 2017, beserta ppt beberapa materi yang sesuai dengan cakupan materi olimpiade.

Silakan klik link berikut:

9.      Materi tentangpemetaan


Olimpiade Sains Al Azhar di Jakarta Tahun 2017

1 komentar

Terimakasih... sangat membantu untuk belajar :)