Wednesday, January 24, 2018

SELEKSI PENGAJAR SMA ISLAM AL AZHAR


Menjadi seorang pengajar merupakan salah satu impian saya sejak kecil. Menjadi pengajar yang setiap harinya bisa dekat dengan ilmu pengetahuan merupakan sebuah hal yang membahagiakan. Membaca, menulis, dan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan adalah hal yang membuat hidup terasa lebih menyala dan lebih menggairahkan. Oleh karena itulah, ketika mendapat informasi mengenai lowongan menjadi pengajar di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang, saya langsung tancap gas mendaftar menjadi pengajar di SMA tersebut.

Setelah mengajukan surat lamaran, saya dipanggil untuk mengikuti tes tertulis. Beberapa teman yang mengajukan surat lamaran bareng sama saya, juga dipanggil ikut tes tertulis. Ketika hari pelaksanaan tes tertulis, sayatidak menyangka jumlah total peserta tes mencapai 850-an dari berbagai jurusan. FYI, pada saat aku mendaftar, SMA Islam Al Azhar 14 merupakan sekolah yang benar-benar baru. Jadi memang membutuhkan semua guru mata pelajaran beserta karyawan TU, laboran, perpustakaan, dan lain-lain.

Tes tertulis terdiri atas tes mata pelajaran, tes keagamaan, tes bahasa inggris, dan tes pengetahuan umum. Mengenai bobot per bidang saya kurang tahu. Jika ditanya apa dan bagaimana soalnya, saya sudah lupa. Sebelum saya mengerjakan tes tertulis tersebut, saya tidak tahu kalau jenis tesnya beragam seperti itu. Dalam mengerjakannya pun, saya sembarangan dan tentunya ya sebisanya.

Selepas tes tertulis, diambil sekitar 4 orang per mata pelajaran untuk mengikuti tes wawancara. Pengumuman peserta yang lolos seleksi tes tertulis diumumkan lewat website sekolah. Dan Alhamdulillah saya termasuk salah satu yang lolos dari tes tertulis. Tidak menyangka sih sebenarnya. Hehe.

Saya tak ingin tes wawancara saya seperti tes tertulis. Saya mencoba menebak-nebak apa saja yang akan ditanyakan oleh pewawancara. Beberapa kali browsing internet, namun sayangnya, saya tidak menemukan informasi mengenai pengalaman seseorang dalam mengikuti tes di sekolahan al azhar. Sayapun hanya bisa pasrah. Saat hari H, saya baru tahu jika pemandu tes wawancara kali ini adalah pewawancara yang langsung didatangkan dari al azhar Jakarta. Materi wawancara seputar pengetahuan keagamaan dan penguasaan dalam membaca Al Quran. Dulu saya disuruh membaca sebuah ayat yang secara ilmu tajwid memiliki cara membaca yang berbeda dengan ayat yang lain. Selain itu, aku juga ditanyai tentang hafalan surat pendek. Sebenarnya belum semua surat di juz 30 saya hafal dengan baik, tapi untungnya, yang diminta buat dilafalkan adalah surat yang saya kuasai. Hmm.. alhamdulillah deh.

Tes selanjutnya adalah tes psikologi. Dalam hal ini, SMA Islam Al Azhar 14 Semarang bekerjasama dengan IKIP PGRI Semarang. Tes psikologinya banyak macam. waktu mengerjakannya dari pagi sampai siang. Pokoknya tesnya bikin kepala pusing tujuh keliling.

Setelah tes psikologi, kita diminta untuk praktik mengajar, alias microteaching. Dalam hal ini saya juga payah. Saya tidak bertanya tentang bagaimana sistem pembelajaran di sekolah al azhar, jadinya praktik mengajarnya hanya setahu saya saja. Model pembelajarannya standart, hanya ppt dan video saja. RPP nya apalagi, standart pakai banget. Sejujurnya saya merasa menyesal karena kurang mempersiapkan dengan baik tes microteaching. Hanya dengan modal pengalaman organisasi dan pengalaman saat menjadi pengajar les privat saat kuliah. Makanya saya merasa beruntung bisa lolos seleksi menjadi pengajar di SMA Islam A Azhar 14 Semarang. Sebuah tempat untuk sayabelajar bagaimana menjadi seorang pengajar yang baik dan menginspirasi.

Buat teman-teman yang mau microteaching, saya sarankan untuk menyiapkannya dengan baik. Dari perencanaan, proses pelaksanaan, sampai evaluasinya. Yang menjadi murid microteaching bisa saja sesama calon pengajar yang ikut seleksi, bisa saja murid di kelas sebenarnya, atau bahkan bapak ibu guru yang sudah mengajar di sekolah tersebut.

Buat teman-teman yang ingin mendaftar di sekolah al azhar, tak perlu khawatir atau rendah diri. Nggak ada salahnya dicoba dulu. Iya kan?

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan komentar, atau hubungi lewat sosial media ya.

Terkadang, antara satu sekolah al azhar dengan sekolah al azhar yang lain bisa berbeda ketentuannya. Untuk membaca mengenai informasi sekolah al azhar, silakan klik link berikut.





14 komentar

Wawancara bahasa inggrianya masih ingat ttg apa aja admin? Dan surat yg ditanyakan ke admin dulu apa?

Pas proses pendaftaranku, nggak ada wawancara bahasa inggrisya kok kak. Surat al quran nya di juz 30. Kalau menurutky sih surat-surat tengah yang agak panjang. Kecil kemungkinannya kalau yang ditanyain antara surat an nas, al alaq, apalagi al ikhlas. Usahakan terlihat meyakinkan saat diminta buat membacakan salah satu surat.

Assalamualaikum. Kak, apakah di al azhar ada kontrak yg tidak memperbolehkan utk ikut seleksi cpns? Saya sebenarnya tidak masalah dgn adanya syarat ini, tapi org tua berkeberatan. Harap maklum. Terima kasih

Waalaikumussalam. Iya Kak. Kalau sudah di Al Azhar memang tidak diperkenankan ikut seleksi CPNS. Sebenernya boleh sih ikut tes CPNS, tapi harus resign terlebih dahulu. Atau, kalau misalnya kakak ikutan tes secara diam-diam terus ketahuan, bisa diminta buat mengajukan surat pengunduran diri.

Waduh, padahal besok saya baru mau ikut tes tertulis dan wawancara. Hihi. Bismillah. Ikhtiar saja yg terbaik, hasilnya biar Allah yg menentukan. Terima kasih jawabannya kak :)

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Waktu tes baca quran, apakah juga harus menjelaskan mengenai ilmu tajwidnya kak?
Oh iya satu lagi kak, untuk pertanyaan seputar hadis/agama dulu kakak tentang apa ya?

Jazakillahu khairan kak.

Kak mau tanya, kalo ngajar di Al Azhar terus ikutan daftar S2 LPDP boleh?

Kak itu tes tertulis psikotes wawancara dan microteaching nya ga dalam satu hari kan?

Kak mau tanya..
Kalo dapet panggilan untuk tes tulis & tes online, berarti belum disuruh microteaching kan?

Kak, saya daftar jadi BK di SMA Al azhar 14. Tesnya kayak gmna ya kak??