Monday, December 11, 2017

MACAM-MACAM SIKLUS HIDROLOGI DAN JENIS-JENIS PROSES DALAM HIDROLOGI

Siklus Hidrologi

Air di permukaan bumi akan berputar sesuai dengan siklus hidrologi.  Yang berawal dari air, kemudian akan menguap dan mengalami kondensasi, kemudian dari awan, turun ke permukaan bumi dalam bentuk air kembali. Secara sederhananya, siklus hidrologi adalah perjalanan air dari air menjadi air kembali. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut.

1.       Macam-macam siklus hidrologi
a.      SIKLUS PENDEK
Siklus pendek merupakan siklus yang berawal dari air yang menguap, kemudian terjadi kondensasi kemudian membentuk awan, dan akhirnya, awan tersebut turun hujan di laut.
b.      SIKLUS SEDANG
Siklus sedang merupakan siklus yang berawal dari air laut yang menguap, kemudian mengalami kondensasi dan membentuk awan, sebelum jatuh sebagai hujan, angin membawa awan ke daratan dan akhirnya, jatuh hujan di atas daratan. Air yang ada di daratan, menuju ke tempat yang lebih rendah dan kemudian kembali ke laut.
c.       SIKLUS PANJANG
Siklus panjang merupakan siklus yang berawal dari air laut yang menguap, kemudian mengalami kondensasi dan membentuk awan, kemudian angin membuat awan berpindah dari atas laut ke atas daratan. Di daratan, kumpulan titik-titik air pada awan belum mampu membuat hujan turun, akhirnya awan tersebut di bawa angin ke daerah yang lebih tinggi hingga turun sebagai salju. Dari salju, butiran es akan mencair menjadi gletser dan mengalir ke tempat yang lebih rendah hingga sampai di laut kembali.

2.       Jenis-jenis proses dalam hidrologi
Dalam proses perjalanan “air menjadi air”, ada beberapa proses yang berkaitan dengan hal tersebut. Proses tersebut antara lain:
a.      Evaporasi
Adalah penguapan air dari laut, sungai, maupun tempat-tempat lain di permukaan bumi.
b.      Transpirasi
Adalah penguapan air dari tumbuh-tumbuhan.
c.      Evapotranpirasi
Merupakan gabungan antara penguapan air dari laut, sungai, dan tempat-tempat di eprmukaan bumi, dengan penguapan di tumbuh-tumbuhan.
d.     Kondensasi
Merupakan perubahan uap air menjadi partikel-partikel es yang sangat kecil. Partikel-partikel es tersebut akan saling bergabung dan membentuk awan.
e.     Adveksi
Merupakan perpindahan awan dari satu tempat ke tenpat yang lain.
f.       Presipitasi
Merupakan pross turunnya butiran-butiran air ke permukaan bumi. Presipitasi disebut juga sebagai hujan.
g.     Run off
Run off merupakan limpasan atau proses bergeraknya air setelah hujan, ke tempat yang lebih rendah
h       Infiltrasi
Merupakan proses merembesnya air ke dalam permukaan tanah.
i.       Perkolasi
Perkolasi merupakan bergeraknya air menuju ke tempat yang lebih rendah di bawah permukaan bumi.
Untuk soal latihan nya, silakan klik link berikut ini