Tuesday, April 17, 2018

TEORI INTERAKSI MENURUT TEORI GRAVITASI



Apabila ada wilayah yang berdekatan, maka besar Tarik menarik kedua wilayah tersebut disebut teori gravitasi. Berdasarkan teori gravitasi, besar interaksi keruangan antara dua wilayah, sebanding dengan jumlah penduduk dua wilayah tersebut, dan berbanding terbalik dengan jarak anatar dua wilayah tersebut.

Hal itu berarti bahwa semakin banyak jumlah penduduk dua kota yang berdekatan, maka besar interaksinya semakin besar. Semakin sedikit jumlah penduduk dua wilayah tersebut, maka semakin kecil pula kekuatan interaksi dua wilayah itu.

Sebaliknya, kekuatan interaksi berbanding terbalik dengan jarak. Apabila JARAK dua kota semakin BESAR, maka kekuatan interaksinya semakin KECIL. Dan apabila jarak antara dua kota semakin kecil, maka kekuatan interaksinya semakin besar.

Rumus Interaksi berdasarkan teori gravitasi adalah sebagai berikut

Keterangan :
I   : Kekuatan interaksi antara kota A dan Kota B
C   : konstanta, dalam rumus ini besar konstanta adalah 1
PA  : jumlah penduduk kota A
PB  : Jumlah penduduk Kota B
dAB : jarak antara kota A dan Kota B


Contoh Soal

SOAL 1

Apabila jumlah penduduk kota A adalah sebesar 7.200 sedangkan jumlah penduduk kota B adalah sebesar 2.000. Jarak antara Kota A dan Kota B seperti pada gambar. Maka berapakah kekuatan interaksi antara kota A dengan Kota B?

Jawab

 I = 1 x 7.200 x 2.000
(12)²
    = 100.000

Maka kekuatan interaksi nya antara Kota A dan Kota B adalah 100.000

SOAL 2
Perhatikan gambar. Manakah interaksi yang lebih kuat antara interaksi Kota A-B, dibanding dengan interaksi Kota A-C apabila jumlah penduduk A sebesar 3.000, jumlah penduduk B sebesar 2.000 dan jumlah penduduk kota adalah 1.000.

Jawab

Kita harus membandingkan kekuatan interaksi antara Kota A-B dengan kekuatan interkasi A-C.

Kekuatan interaksi A-B adalah
I = 3.000 x 2.000
          (4) ²
   = 375.000

Sedangkan kekuatan interaksi antara A-C adalah

I = 3.000 x 1.000
         (2) ²
   = 750.000

Perbandingan interaksi A-B dengan A-C adalah 375.000 : 750.000 = 1 : 2
Maka kekuatan interaksi lebih besar terjadi antara kota A dengan Kota C yang jaraknya lebih besar dibandingkan dengan interaksi kota A dengan kota B, meskipun secara jumlah penduduk lebih besar.

Dari kedua soal tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan jarak antara dua kota lebih berpengarahun besar daripada besarnya jumlah penduduk dua wilayah yang saling berinteraksi.