Tuesday, July 10, 2018

RPP BERMUATAN PPK, 4C. HOTS, DAN LITERASI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan  : SMA Islam Al Azhar 14 Semarang
Kelas/ Semester      : XI/ 2
Mata Pelajaran         : Geografi
Materi Pokok            : Dinamika Kependudukan
Alokasi Waktu          : 16 x 45 menit (8 x pertemuan)

Imtaq                         :
QS. Surat Al Hujurat ayat 13
Artinya :
Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Surat Ar Rum Ayat 41-42
Artinya: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar). Katakanlah (Muhammad), “Bepergianlah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”

Surat Al A’raf ayat 56
Artinya: ”Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan”

FOKUS PENUMBUHAN KARAKTER
1.      Nilai rasa ingin tahu
2.      Nilai kedisiplinan
3.      Nilai tanggung jawab
4.      Nilai kerjasama

A.     KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
3.5 Menganalisis dinamika kependudukan di Indonesia untuk perencanaan pembangunan
4.5 Menyajikan data kependudukan dalam bentuk peta, tabel, grafik, dan/ atau gambar

C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
4.5.1        Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika kependudukan
4.5.2        Menganalisis mobilitas penduduk
4.5.3        Menganalisis kualitas penduduk
4.5.4        Menganalisis bonus demografi dan dampaknya terhadap pembangunan
4.5.5       Menganalisis permasalahan yang diakibatkan oleh dinamika kependudukan beserta solusinya
4.5.6        Memahami sumber data kependudukan

4.5.1        Mengolah data terkait informasi kependudukan
4.5.2        Menyajikan data kependudukan dengan piramida kependudukan

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran project based learning, peserta didik dapat menganalisis dinamika kependudukan di Indonesia untuk perencanaan pembangunan dan menyajikan data kependudukan dalam bentuk peta, tabel, grafik, dan / atau gambar dengan penuh tanggung jawab, bekerja keras, dan bekerja sama.

E.      MATERI PEMBELAJARAN
Faktual
1.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dinamika Kependudukan
2.      mobilitas penduduk
Konseptual
3.      Kualitas Penduduk
4.      Bonus demografi dan dampaknya terhadap pembangunan
5.      Permasalahan yang diakibatkan oleh dinamika kependudukan
6.      Sumber data Kependudukam
Prosedural
7.      Pengolahan data terkait informasi kependudukan
8.      Penyajian data kependudukan dengan piramida penduduk
Metakognitif 
-
(uraian materi terlampir)

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan  : Scientific learning
2.      Model             : Project based learning
3.      Metode           : Ceramah, diskusi, dan latihan ketrampilan

G.     MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Slide power point tentang dinamika kependudukan
2.      Video permasalahan terkait kependudukan
3.      Data terkait kependudukan

H.    SUMBER BELAJAR
1.      Sindhu, Yasintho. 2017. Geografi Kelas XI. Jakarta: Erlangga. Halaman 262 - 305
2.      Berita online terkait kependudukan
3.      Data kependudukan BPS
4.      Peta persebaran penduduk Indonesia

I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Muatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2. Guru memimpin berdoa sebelum pembelajaran dimulai
3. Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mengecek kehadiran
4. Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual dalam kehidupan sehari-hari
5.    Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Bentuk pertanyaan:
Siapa yang hari ini di tempat tinggalnya mendengar pengumuman tentang meninggalnya seseorang?
6. Menyajikan tujuan pembe-lajaran / kompetensi dasar yang akan dicapai
7. Menyampaikan cakupan ma-teri dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

10 menit
PPK : religius




PPK : Disiplin




Kecakapan abad 21 : berfikir kritis

PPK : rasa ingin tahu

Kecakapan abad 21 : komunikasi

Kegiatan Inti
1.     Mengorientasikan
a.       Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang
b. Peserta didik dalam ke-lompoknya mengidentifikasikan permasalahan terkait dinamika kependudukan.
Masalah yang disajikan adalah kelahiran yang tinggi mengakibatkan perubahan struktur penduduk
c. Guru mengajukan per-masalahan yang berkaitan dengan masalah yang disajikan sebagai bahan diskusi bersama dengan kelompoknya

2.     Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
a. Peserta didik diberikan kesempatan untuk memperdalam literatur untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan sebagai bahan diskusi akibat dari kelahiran yang tinggi dari berita yang telah disajikan
b. Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan (pertanyaan ditulis) dari analisis permasalahan
c.  Guru mendampingi peser-ta didik dalam mengatasi dan mengorganisasikan tugas yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi

3.     Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
a.     Peserta didik menyelidiki peristiwa terkait permasalahan yang diberikan terkait hubungan kelahiran yang tinggi terhadap dinamika penduduk melalui diskusi kelompok
b.     mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti buku dan internet dengan bimbingan guru

4.     Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
a.     Peserta didik dalam kelompoknya merencanakan dan menyiapkan karya sebagai hasil dari pemecahan masalah dari keterkaitan antara kelahiran yang tinggi dengan proses pemecahan permasalahan terkait dinamika penduduk
5.     Menganalisis dan evaluasi proses pemecahan masalah
a.       menganalis keterkaitan kelahiran yang tinggi dengan konsep dinamika penduduk
b.      mengevaluasi proses pemecahan permasalahan
c.       peserta didik mempresentasikan penyelesaikan permasalahan dari diskusi per kelompok
d.      Peserta didik dibantu oleh guru, melakukan refleksi terhadap proses keterkaitan antara kelahiran yang tinggi dengan konsep dinamika penduduk
e.       Peserta didik menyusun kesimpulan dengan arahan dari guru


10 menit























15 menit






















15 menit














15 menit













10 menit

PPK : kerjasama





PPK: rasa ingin tahu






Kecakapan abad 21 : pemecahan masalahan






PPK: tanggung jawab

Literasi







HOTS : analisis




Kecakapan abad 21 : kolaborasi






Kecakapan abad 21: kritis


Literasi

























HOTS : analisis





HOTS : evaluasi






Kecakapan abad 21 : komunikasi

Penutup
Kegiatan penutup mencakup :
1.   Guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkungan/ simpulan dari pembelajaran
2.     Guru beserta peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.     Peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.     Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas
5.     Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
6.     Berdoa sebelum menutup pembelajaran
7.     Guru menutup pembelajaran dengan menyampaikan salam
15 menit
PPK : kerjasama

Kecakapan abad 21 : kolaborasi








PPK : tanggung jawab




PPK: religius

CATATAN : PEMBELAJARAN KEDUA DAN SELANJUTNYA ADA DI DOKUMEN.. MONGGO DI DOWNLOAD LINK DI BAWAH

j.     PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

1.      Sikap Spiritual
Teknik penilaian : Observasi
Bentuk Instrumen  : Lembar Observasi
Instrumen : Terlampir

2.      Sikap Sosial
Teknik Penilaian  : Observasi
Bentuk Instrumen  : Lembar Observasi 
Instrumen : Terlampir

3.      Pengetahuan
Teknik Penilaian :  Tes tulis pilihan ganda
Bentuk Instrumen : soal pilihan ganda
Instrumen : Terlampir

4.      Ketrampilan
Teknik Penilaian : Produk
Bentuk Instrumen : Skala penilaian produk
Instrumen   : Terlampir

Semarang,   Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Islam Al Azhar 14                                  Guru Mata Pelajaran Geografi



Rasmudi, S.Pd., M.Pd                                                   Nur Isnaini, S.Pd


UNTUK DOWNLOAD, SILAKAN KLIK LINK BERIKUT:
RPP BERMUATAN PPK, 4C, HOTS, DAN LITERASI KELAS XI KD 3.5 &4.5
Buat teman-teman yang menginginkan perangkat lainnya, silakan tinggalkan komentar yah. Sekaligus alamat email. Makasih..

PERANGKAT GEOGRAFI TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018 KURIKULUM 2013, BISA DI KLIK LINK BERIKUT

KELAS X IPS

Untuk kelas XI dan XII tahun pelajaran 2017/ 2018, sekolah ku belum menggunakan kutikulum 2013. Cuman, aku ada kiriman dari teman. Semoga bermanfaat.





4 komentar

Rpp lengkap kelas xi nya pak bisa d share

assalamu'alaikum. Rpp kelas Xi geografi HOTS mohon diposting. terimakasih..

Assalamualaikum
rpp kimia kalau ada minta tolong dikirim ke email animualifah@gmail.com
Terima kasih